Home » Bahan PA » Materi Sarasehan Dalam Rangka Pekan Pendidikan Kristen Khusus GKJ Wonosari (20-25 Mei 2019)

Materi Sarasehan Dalam Rangka Pekan Pendidikan Kristen Khusus GKJ Wonosari (20-25 Mei 2019)

SARASEHAN PEPENKRIS GKJ WONOSARI 2019

Tema :
”MENGUATKAN PENDIDIKAN, MEMAJUKAN KEBUDAYAAN, MEWUJUDKAN KARAKTER KRISTUS”

A. PEMAHAMAN TEMA

Mencari penjabaran tema secara sederhana yang coba digali melalui informasi on line, apaarti.com dan Wikipedia.org, dapat ditarik pengertian :
1. Menguatkan pendidikan dapat diartikan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman bersifat dinamis terhadap pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.
2. Memajukan kebudayaan dapat diartikan membawa ke dalam keadaan yang lebih baik dan menjadikan berkembang terhadap kebudayaan yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.
3. Mewujudkan karakter Kristus dapat diartikan suatu tindakan dinamis untuk mencapai tujuan dalam sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia yang berpusat pada Kristus.

Jadi pemilihan tema Pepenkris GKJ Wonosari tahun 2019 menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan, mewujudkan karakter kristus, merupakan suatu kebutuhan untuk mewujudkan Karakter Kristus melalui penguatan pendidikan dan melalui dorongan kemajuan kebudayaan. Mewujudkan karakter Kristus merupakan sebagai kebutuhan kehidupan generasi sekarang ini dan generasi selanjutnya untuk mampu menghadapi tantangan kemajuan.

Generasi X, Generasi Y dan Generasi Z atau yang sering dikenal generasi milenia yang pengertiannya pernah menjadi pembahasan di materi GKJ Wonosari perlu mendapat perhatian nyata. Generasi ini umumnya ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Kebutuhan dan kesesuaian kondisi dalam membentuk karakter Kristus itulah sehingga tema ini menjadi hal penting untuk dipercakapkan pada Sarasehan ini.

Keputusan untuk melaksanakan Pepenkris GKJ Wonosari yang telah ditetapkan pada bulan Mei atau Juni dengan harapan, jemaat bisa ikut terlibat dalam pembentukan Karakter Kristus melalui keberadaan Lembaga Pendidikan Kristen yang ada dan dalam rangka menjawab tantangan dalam pemilihan sekolah setiap tahun pelajaran baru.

B. UPAYA KONGKRIT GKJ WONOSARI MELALUI LEMBAGA PENDIDIKAN KRISTEN

Pepenkris GKJ tahun lalu telah menjadi kebangkitan Jemaat GKJ Wonosari untuk dapat memberikan perhatian terhadap perlunya pembentukan Karakter Kristus melalui peran Lembaga Pendidikan Kristen. Kebangkitan itu dinyatakan dalam sebuah keseriusan Gereja untuk mendorong peningkatan fungsi dan keberadaan Lembaga Pedidikan Kristen. Kebangkitan yang dialami oleh jemaat ditunjukkan melalui peningkatan partisipasi terhadap pengembangan pendidikan Kristen.

Secara Konkrit GKJ Wonosari telah mengambil langkah sebagai berikut :
1. Meningkatkan jalinan kerjasama dengan Yayasan Bopkri Yogyakarta dalam rangkan meningkatkan peran SD Bopkri Wonosari dan SMP Bopkri Wonosari.
2. Menata Manajemen, organisasi dan pengelolaan PAUD Padamara melalui penataan peran Pengurus Padamara untuk dapat mendorong peningkatan dan pengembangan PAUD Padamara.
3. Melakukan pembangunan Gedung dan sarana prasarana lain dalam rangka pemenuhan kebutuhan ruang belajar dan ruang bermain serta fasilitas lainnya menuju pelayanan prima PAUD Padamara.

Secara konkrit Jemaat telah memberikan dukungan nyata sebagai berikut :
1. Angka partisipasi jemaat baik langsung atau melalui Wilayah untuk berperan memberikan bea siswa bagi siswa yang membutuhkan di SD Bopkri dan SMP Bopkri.
2. Dukungan dan percakapan akan pentingnya peran Lembaga Pendidikan Kristen di Wonosari telah mendorong kesadaran warga jemaat untuk mulai berperan memberikan dukungan.
3. Kesadaran warga jemaat melalui penyampaian perlunya pihak internal Lembaga Pendidikan Kristen untuk secepatnya berbenah agar perkembangan dapat dirasakan dan mendapat dukungan warga jemaat.

C. KEBUTUHAN MEWUJUDKAN KARAKTER KRISTUS BAGI GENERASI MILENIAL

Berkenaan dengan kebutuhan generasi milenial dimuat di (https:// ekonomi.kompas.com/ read/2018/05/09/164152126/ini-salah-satu-kebutuhan-generasi-milenial-di-masa-depan.) JAKARTA, KOMPAS.com – Di masa depan, generasi milenial mendominasi angkatan kerja di Indonesia. Laman rumahmillennials.com dalam informasinya menunjukkan bahwa generasi milenial adalah generasi yang lahir setelah tahun 2000. Generasi milenial memiliki ciri khas tersendiri yaitu lahir pada saat TV berwarna, ponsel juga internet sudah diperkenalkan. Dampaknya, generasi ini sangat mahir dalam teknologi. Di Indonesia, dari jumlah 255 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta generasi milenial atau berusia 17- 37 tahun. Lantas, menurut data IDC, generasi milenial lebih mengutamakan tempat kerja digital (digital workplace) untuk mendukung produktivitasnya. Menurut IDC pula, tempat kerja digital dapat mendorong peningkatan produktivitas baik perusahaan maupun tenaga kerja sekitar 10 persen- 20 persen. Hal ini tecermin dari kecepatan, kelincahan, efisiensi waktu, data akurasi, dan simplifikasi prosedur yang dapat dioptimalkan dalam tempat kerja digital. Data IDC memprediksikan bahwa lebih dari 50 persen pekerja di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia akan diisi oleh kaum milenial, yang sering dikaitkan sebagai digital-native pada kehidupan sehari-hari.

Secara sederhana cuplikan berita diatas menyatakan bahwa Generasi milinea akan segera membanjiri dunia kerja dengan perlengkapan digital yang selalu melekat. Salah satunya ditunjukan dengan semua pekerjaan dan komunikasi telah bergantung pada jaringan on line dengan ketergantungan pada penggunaan smartphone dan peralatan digital lainnya.

Tantangan bagi GKJ Wonosari yang akan dirasakan oleh masing-masing warga jemaat bagaimana memberi jaminan ditengah perkembangan gelombang komunikasi dan peralatan digital tetapi masih tetap memiliki karakter Kristus. Itulah kebutuhan pembentukan karakter Kristus sejah usia dini. Pembentukan karakter yang perlu melibatkan Pendidikan usia dini yang berkarakter Kristen untuk membantu keluarga yang telah dituntut kesibukan tinggi akibat tuntutan perkembangan.

D. TITIK PUSAT BAHAN SARASEHAN PEPENKRIS GKJ WONOSARI TAHUN 2019

Pada Pepenkris GKJ Wonosari tahun 2019 ini perlu dirumuskan permasalahan sebagai titik pusat percakapan sarasehan :
1. Kebangkitan akan peran serta jemaat dalam keperdulian terhadap pendidikan Kristen melalui bea siswa perlu untuk ditingkatkan, untuk mendorong pemberdayaan sekolah Kristen Di Wonosari.
2. Dukungan terhadap penataan Lembaga pendidikan Kristen Di Wonosari sebagai Sekolah Terpadu yakni: PAUD Padamara – SD Bopkri Wonosari – SMP Bopkri Wonosari, Sehingga dapat berperan dalam pembentukan dan mewujudkan Karakter Kristus.
3. Bagaimana menghadapi penyiapan generasi milenia yang tetap berkarakter Kristus dengan melibatkan Sekolah Kristen di Wonosari, sehingga bagi keluarga muda yang masih memiliki usia sekolah untuk memiliki peran dalam memujudkan sekolah Kristen terpadu yang berkualitas.

Sarasehan pada Pepenkris GKJ Wonosari tahun 2019 ini dapat menghasilkan masukan dan saran bagi Gereja, Majelis Gereja, Wilayah, kelompok dan pepanthan serta sekolah Kristen di lingkup pelayanan di GKJ Wonosari.(p@t)

E. INFORMASI PENGEMBANGAN

1. Rencana pengembangan Sekolah Kristen Terpadu
1.1. Kelas TK A PAUD Padamara menjadi tempat kegiatan SD Bopkri Wonosari sebagai Ruang Laboratorium Montessori SD Bopkri Wonosari
1.2. Mengalihfungsikan Ruang Dapur, Ruang Gudang, Km/WC PAUD Padamara untuk kegiatan SD Bopkri Wonosari
1.3. Membangun gedung tingkat 2 (dua) lantai yaitu Ruang kelas TK A PAUD Padamara dan Ruang Kantor sebagai pengganti alih fungsi
1.4. Membangun Ruang tempat permainan tertutup
1.5. Penataan tempat permainan eksternal
1.6. Memindahkan Bangunan Kampung PAUD Padamara lama menjadi Ruang Gamelan di sebelah Utara rumah Pastori Pandansari.

2. Site Plan pengembangan sekolah terpadu

 

Bagikan :



Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agenda Kegiatan

Ibadah Minggu Online : Setiap Hari Minggu jam 08.00 WIB livestreaming di channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul dan Radio Swara Dhaksinarga 89,9 FM

Renungan Harian Online : Setiap hari Senin – Sabtu jam 05.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Persekutuan Remaja Online : Setiap hari Sabtu jam 16.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Sekolah Minggu Online : Setiap hari Minggu jam 07.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Latihan Macapat : diliburkan

Persekutuan Doa Pagi : diliburkan

Kelas Katekisasi : diliburkan

Jadwal PA Wilayah/Panthan/Kelompok  >> Oktober 2020 >> DILIBURKAN