Home » Renungan » Memancarkan Kemuliaan Allah

Memancarkan Kemuliaan Allah

(Lukas 9:28-43)

Kemuliaan Allah telah dinyatakan melalui dan dalam sepanjang sejarah karya penyelamatan-Nya. Kemuliaan Allah yang nampak dalam wajah Kristus adalah bukti pengukuhan atas misi yang harus diselesaikan-Nya. Cahaya wajah Kristus tidak hanya diperuntukkan bagi umat saja tetapi bagi seluruh dunia. Gereja (persekutuan orang percaya) terpanggil untuk memancarkan cahaya kemuliaan Allah dalam wajah Kristus tersebut pada dunia. Gereja harus senantiasa terhubung pada Allah karena kemuliaan itu berasal dari Allah. Gereja harus terus membangun kesetiaan persekutuan dengan Allah di tengah berbagai tawaran dunia yang menjauhkan umat dari Allah.

Gereja harus meninggikan, sujud dan menyembah Allah dalam kekudusan. Gereja terpanggil memancarkan kemuliaan Allah dalam rangka membuka selubung yang masih menutupi dunia. Gereja dikukuhkan Allah (sebagai buah sekaligus alat karya penyelamatan) untuk memancarkan kemuliaan-Nya. Gereja terpanggil untuk terus melaksanakan misi penyelamatan sampai menjadi serupa dengan gambar-Nya.

Peristiwa transfigurasi merupakan peristiwa di saat Tuhan Yesus berdoa sebelum melaksanakan misi terakhir-Nya. Yesus berdoa sebagai wujud ketaatan dan penyerahan serta kerendahan hati-Nya dalam menyelesaikan misi-Nya dengan mengandalkan sepunuhnya kepada kehendak dan rencana Allah Bapa. Saat Tuhan Yesus berdoa itulah terjadi perubahan bentuk/rupa, dimana Yesus penuh dengan kemuliaan Allah, bahkan dalam kemuliaan itu hadir Musa dan Elia yang menguatkan akan pelaksanaan misi-Nya tersebut. Berbanding terbalik dengan apa yang dijalani Tuhan Yesus dalam keseriusan doanya mengalami transfieurasi. oara murid iustru tertidur.

Agak aneh memang melihat para murid tertidur dalam peristiwa yang luar biasa itu. Barulah setelah mereka bangun dan melihat peristiwa itu mereka ingin membangun tiga kemah. Peristiwa transfigurasi ini juga merupakan pengukuhan bahwa Yesus adalah utusan Allah yang harus menggenapi misi-Nya dalam suara di dalam awan “Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia”.

Minggu transfigurasi adalah minggu pengenangan akan wajah Tuhan Yesus yang memancarkan cahaya kemuliaan Allah. Minggu pengenangan akan pengukuhan Allah pada Tuhan Yesus sebagai utasan-Nya dalam ucapan-Nya yang demikian: “Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia”. Minggu yang menjadi kesempatan bagi umat untuk merenungkan kembali akan cahaya wajah Tuhan Yesus yang telah dipacarkan. Wajah Tuhan Yesus yang memancarkan cahaya kemuliaan Allah itu tidak hanya untuk pengagungan diri semata. Cahaya itu harus dipancarkan kepada dunia melalui atau diwujudkan dalam misi penyelamatan. Seperti cahaya yang menerangi Musa manakala ia diutus untuk menyampaikan Sepuluh Firman Tuhan (Dasa Titah) kepada Umat Israel. Demikian pula Gereja terpanggil untuk memancarkan cahaya kemuliaan Allah dalam wajah Tuhan Yesus itu bagi dunia.Gereja terpanggil untuk memancarkan kemuliaan Allah dalam rangka membuka selubung yang masih menutupi dunia.

Gereja dalam melaksanakan tugas panggilan di tengah dunia harus belajar dari intensitas relasi Musa dengan Aliahnya. Gereja harus belajar tentang ketaatan, kerendahan dan kepasrahan Tuhan Yesus kepadaBapa dalam mengemban misi-Nya. Gereja harus terus menerus membangun relasi dengan Allah sebagai sumber kemuliaan. Gereja selain mengemban misi memancarkan kemuliaan Allah dalam cahaya wajah Tuhan Yesus juga harus terus menjaga kekudusan di tengah kehidupan dunia. Peribadatan yang dilaksanakan gereja adalah dalam rangka membangun intensitas relasi dengan Allah sekaligus menjaga kekudusan. Pertobatan dan pengampunan-Nyalah yang memungkinkan gereja terus berjuang di tengah dunia sampai menjadi serupa dengan gambar-Nya. Amin.

Bagikan :



Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agenda Kegiatan

Ibadah Minggu Online : Setiap Hari Minggu jam 08.00 WIB livestreaming di channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul dan Radio Swara Dhaksinarga 89,9 FM

Renungan Harian Online : Setiap hari Senin – Sabtu jam 05.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Persekutuan Remaja Online : Setiap hari Sabtu jam 16.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Sekolah Minggu Online : Setiap hari Minggu jam 07.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Latihan Macapat : diliburkan

Persekutuan Doa Pagi : diliburkan

Kelas Katekisasi : diliburkan

Jadwal PA Wilayah/Panthan/Kelompok  >> Oktober 2020 >> DILIBURKAN