Home » Berita » Surat Penggembalaan Bapelklas LI GKJ Gunungkidul Tentang Pemilu 2019

Surat Penggembalaan Bapelklas LI GKJ Gunungkidul Tentang Pemilu 2019

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Om Swastyastu,
Namo Adhi Budhaya, Shalom,
Berkah Dalem, Salam Kebajikan,
Rahayu rahayu rahayu,

Dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Gereja-gereja Kristen Jawa Klasis Gunungkidul telah melaksanakan Sidang Klasis LI pada hari Sabtu 23 Februari 2019 dengan gereja penghimpun GKJ Watusigar. Persidangan Klasis LI GKJ Gunungkidul mengajak segenap warga gereja dan keluarga besar bangsa Indonesia untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas proses perubahan yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sejak masa perjuangan meraih kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan hingga proses reformasi yang diyakini merupakan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa. Rasa syukur atas anugerah dan rahmat Tuhan bagi bangsa Indonesia melalui proses perubahan dan kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama proses pembangunan yang hasil-hasilnya dapat kita rasakan bersama.

Warga gereja perlu menerima dan menjalani kehidupan bernegara dengan serius dan bertanggungjawab mengingat hakikat negara adalah suatu bentuk kehidupan bersama manusia dengan cakupan paling luas dan kekuasaan paling besar. Disamping itu negara juga merupakan kebutuhan yang wajar dan bahkan tak terelakkan bagi manusia modern.

Selanjutnya selaku pengemban mandat hasil persidangan, Badan Pelaksana Klasis (BAPELKLAS) LI GKJ-GKJ Gunungkidul mengajak segenap warga bangsa Indonesia untuk mengapresiasi karya-karya baik, yang telah dilakukan oleh pemerintah selaku penyelenggara negara dalam mengemban mandat yang dipercayakan segenap rakyat Indonesia melalui proses pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2014. Selanjutnya mengajak segenap warga gereja untuk berperan-serta secara aktif bersama masyarakat dalam proses pembangunan kesejahteraan rakyat dengan semangat golong gilig, nyawiji, greget, sengguh tan mingkuh.

Dalam mengambil bagian di tengah-tengah kehidupan bernegara tersebut warga gereja berpegang pada pemahaman imamat-rajawi-nabiah. Dalam melayani kehidupan bernegara dijalani di dalam kebersamaan (solidaritas) nasional, yaitu tercapainya tujuan negara adalah kepentingan, kewajiban dan tanggung jawab bersama. Warga gereja perlu berpartisipasi di dalam menentukan kebijakan penyelenggaraan negara. Selain itu itu bilamana perlu juga menegur, memperingatkan atau malah menentang segala ketidakadilan, kesewenang-wenangan dan penghinaan terhadap martabat manusia.

Dalam menghadapi penyelenggaraan pemilihan umum untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Propinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan tanggal 17 April 2019, BAPELKLAS LI GKJ-GKJ Gunungkidul mengajak segenap warga gereja bersama segenap warga negara Republik Indonesia untuk terus memelihara dan mengembangkan semangat persatuan dan kesatuan, menghormati perbedaan dan mengelola perbedaan dengan bijaksana sebagai aset bangsa yang dapat diberdayakan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia secara berkeadilan.

Ada banyak peran yang dapat dijalankan oleh warga gereja dalam penyelenggaraan pemilihan umum, yaitu sebagai penyelenggara pemilu, pengawasaan penyelenggaraan pemilu, kontestan pemilihan umum, pendukung kontestan, maupun pemilih. Semua itu adalah wahana pelayanan yang dapat dilakukan warga gereja dalam dunia politik khususnya dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Semua itu harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Dalam peran apa pun yang dijalankan dalam pemilu harus dapat menciptakan tata kehidupan yang harmonis, bersatu, damai, mencegah hal-hal yang dapat menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mencegah atau mematikan tindakan-tindakan yang merupakan perwujudan dari sikap yang korup dalam berbagai bentuknya. Mendorong terwujudnya transparansi hidup (integritas) yang memancarkan keteladanan. Warga gereja hendaknya juga dapat memberikan “pencerahan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan mentransformasikan nilai-nilai keadilan, kebenaran, kesejahteraan, dan kemajuan peradaban baru dalam masyarakat. Warga Gereja hendaknya juga dapat mendorong terpilihnya penyelenggara negara yang mampu menjalankan pemerintahan yang baik yaitu yang mendatangkan kesejahteraan rakyat, menghormati hak asasi manusia dan memperlakukan rakyat secara adil.

BAPELKLAS LI GKJ-GKJ Gunungkidul secara khusus mengajak kader-kader bangsa yang menyiapkan diri maju sebagai calon legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden untuk sungguh-sungguh mempergunakan kesempatan pemilihan umum sebagai sarana pendidikan politik dan demokrasi bagi warga negara. BAPELKLAS LI GKJ-GKJ Gunungkidul juga mengajak segenap warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki hak pilih untuk sungguh-sungguh mempergunakan hak pilih secara bijaksana dan bertanggungjawab dengan memohon hikmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa, agar mampu melihat, mencermati, menentukan pilihan dan memilih kader-kader bangsa Indonesia yang terbaik dan berintegritas.

Wassalamu alaikum warohmatullahi wabarokaatuh, Om shanti, shanti, shanti.. oom…., Sabbe Satta Bhavantu Sukhitahtta,
Shalom, Berkah Dalem, Salam Kebajikan,
Rahayu rahayu rahayu

Gunungkidul, 23 Maret 2019
Badan Pelaksana Klasis LI GKJ Gunungkidul

Bagikan :



Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agenda Kegiatan

Ibadah Minggu Online : Setiap Hari Minggu jam 08.00 WIB livestreaming di channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul dan Radio Swara Dhaksinarga 89,9 FM

Renungan Harian Online : Setiap hari Senin – Sabtu jam 05.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Persekutuan Remaja Online : Setiap hari Sabtu jam 16.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Sekolah Minggu Online : Setiap hari Minggu jam 07.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Latihan Macapat : diliburkan

Persekutuan Doa Pagi : diliburkan

Kelas Katekisasi : diliburkan

Jadwal PA Wilayah/Panthan/Kelompok  >> Oktober 2020 >> DILIBURKAN