Home » Bahan PA » Materi PA Dalam Rangka Pekan Pendidikan Kristen Khusus GKJ Wonosari (13-18 Mei 2019)

Materi PA Dalam Rangka Pekan Pendidikan Kristen Khusus GKJ Wonosari (13-18 Mei 2019)

MENGEMBANGKAN KARAKTER MEMBANGUN JEJARING

Tujuan
1. Agar warga GKJ Wonosari terus mendukung Keberadaan bahwa mempunyai “PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari “
2. Agar warga GKJ Wonosari, memberikan dukungan kongkrit terhadap upaya “PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari “ menjadi sekolah Kristen Terpadu dan unggulan di Wonosari

Pengantar
GKJ Wonosari diusianya menjelang 89 tahun mempunyai 3 jenjang Lembaga pendidikan formal di wilayah pelayanannya, yaitu PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari. Ketiga lembaga pendidikan ini mempunyai lokasi yang strategis di pusat kota Wonosari yang dapat menjadi salah satu modal dasar dalam pengembangan. ketiga Lembaga Pendidikan mulai mewujudkan menjadi sekolah Kristen terpadu sekaligus sekolah Kristen unggulan di kota Wonosari.

Menginggat pendidikan adalah tanggapan atas karya Tuhan, pendidikan merupakan perhatian Tuhan Allah dalam menyelenggarakan rencana-Nya yang besar bagi dunia. Pendidikan adalah tindakan missioner yang harus dilaksanakan dengan serius oleh gereja dan pelaku pendidikan. Tindakan missioner ini dengan segala kemungkinan dan tantangan sebagai bagian untuk membawa jiwa menemukan kebenaran melalui Injil dan terang Kristus bagi dunia pendidikan secara umum, secara khusus pendidikan Kristen di PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari.

Siapakah “ PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari ?. Dengan Motto “Develop Your Talent” …. “Membangun talentamu”. Membangun talenta dimaknai bahwa setiap manusia diberi anugerah talenta oleh Allah untuk melengkapi diri sebagai kawan sekerja Allah di dunia. Talenta yang dibangun akan berkembang dan nampak sebagai sesuatu yang khas yang melekat dalam diri, yang di kenal dengan karakter. Ilmu dan pemahaman yang benar akan membangun karakter yang benar.Karakter yang berkembang tak akan lekang oleh waktu, tak hangus oleh api dan tak kan hanyut oleh air. PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari dalam proses berfocus pada “Being Good and Smart, artinya Good dulu, karakternya dulu, baru smart . Mengapa saat ini kita perlu membahas PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari dalam PA ?

Bacaan Injil : Markus 5 : 25 – 34

Penjelasan
Perempuan yang sudah dua belas tahun sakit pendarahan, dan sudah berulang kali berobat ke banyak tabib, dengan sudah menghabiskan banyak dana , harta yang dimilikinya. Namun upaya tersebut tidak membuahkan kesembuhan malah semakin parah. Ketika mendengar tentang kedatangan Tuhan Yesus. sekalipun orang banyak menghalanginya tetapi dia terus berjalan dan menjamah jubah Yesus dan dia berkata asal kujamah jubah-Nya aku pasti sembuh dan dia berhasil. Mujizat terjadi pendarahaannya yang sudah dua belas tahun itu sembuh total. Iman menentang segala kemustahilan, iman dapat memindahkan gunung, iman pula yang menyelamatkan kita, serta iman juga yang mengalahkan dunia. Orang benar hidup oleh Iman. Firman Tuhan berkata jadilah sesuai dengan imanmu. Iman sejati adalah iman yang dibangun diatas batu karang (Yesus Kristus). Ketika tantangan dan masalah datang melemahkan kita dapat kita pindahkan dengan iman kita. Orang yang bertindak dengan iman pasti akan memperoleh kemenangan dan dapat berjalan diatas masalah.

Demikian juga sekolah BOPKRI Wonosari kini boleh dikatakan sedang sakit,. Walau kadang sakitnya tidak dirasakan dan ditutupi, namun akhirnya seiring waktu kini sakit itu semakin terasa. Dan sekarang bukti fisik menunjukkan BOPKRI sakit, walau tidak tahu sakit apa? andai tahu sakitnya, muncul masalah baru belum tentu mampu membeli obat seperti yang ditulis dalam resep. Ada harapan seperti perempuan yang sudah sembuh dari pendarahan hanya dengan percaya dan menjamah jubah Tuhan. Hati yang gembira adalah obat. Sentuhan dan kehadiran Yesus itulah yang terutama. Sentuhan-Nya berkuasa untuk menyembuhkan karena Ia mengasihani kelemahan kita dan Ia adalah sumber kasih karunia dan kehidupan (Ibr 4:16). Tanggung jawab kita dalam mendambakan kesembuhan adalah mendekatkan diri kepada Yesus serta hidup di hadapan-Nya

Mengapa Sekolah Kristen : PAUD Padamara, SD BOPKRI maupun SMP BOPKRI Wonosari perlu kita bahas saat ini ? karena PAUD Padamara, SD BOPKRI dan SMP BOPKRI Wonosari adalah milik kita. Berarti penyakitnya adalah penyakit kita. Siapa yang akan mengobati penyakit kita kalau bukan kita sendiri.
Menyaksikan karya Tuhan Yesus dalam proses membangun BOPKRI dan Padamara, sebagai sekolah Kristen, Kristus adalah pusat di dalam kehidupan kegiatan belajar mengajar, agar semakin mengenal Kristus. Namun dibalik itu terbayang betapa sulitnya memperoleh ijin mendirikan sekolah Kristen dan karya pernah dihasilkan. Alumni yang menggurita dan meng-Indonesia , dan kini mestinya mereka telah diberkati untuk menjadi berkat. Hal itu seiring dengan pendidikan karakter yang sangat diharapkan menjadi kekuatan yang mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan karakter di Indonesia, the power in building character.

Karakter adalah watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian, lebih fokus pada tindakan atau tingkah laku.dan personality’. karakter lebih dekat kaidah moral. Pendidikan karakter merupakan perpaduan yang seimbang diantara empat hal yaitu, olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga.

Untuk melaksanakan Tradisi Mutu Menuju Budaya Mutu yang merupakan metamorfosis BOPKRI menuju BOPKRI yang sudah sembuh total dari sakit diperlukan Pendidikan karakter kristiani sebagai unggulan dan Pengembangan jejaring. Dalam implikasinya , misal sebuah botol kalau diisi air mineral, harganya Rp 3.000, kalau diisi jus buah, harganya Rp 10.000, kalau diisi madu, harganya Rp 200.000, kalau diisi minyak wangi harganya bisa Rp 2.000.000. Kalau diisi air comberan, maka hanya akan dibuang dalam tong sampah karena tidak ada harganya. Sama-sama dikemas dalam botol tetapi berbeda nilainya, sebab “isi” yang ada di dalamnya berbeda. Begitu juga dengan kita; semua sama semua manusia. Yang membedakannya adalah karakter yang ada didalam diri kita.

Untuk mewujudkan visi dan misi Sekolah Kristen diatas, banyak peran yang harus kita perankan saat ini, jangan jangan ditunda lagi, mari kita berperan sesuai karakter kita dan terpaksanya kita merasa tidak mampu, maka tempatkan hati, pikiran dan jiwa kita ke dalam aksi yang terkecil dengan kasih yang besar.

Bahan diskusi
1. Sekolah kristen sebagai saksi Kristus dalam dunia Pendidikan, dapat berfungsi sebagai 1) media kesaksian, 2) media pelayanan dan 3) media komunikasi. Berdasarkan fakta saat ini , fungsi mana yang terkendala? mengapa ?
2. Adakah komitmen / peran yang akan saudara ambil agar PAUD Padamara dan Sekolah BOPKRI sembuh total dari sakit dan dipulihkan ?
3. Apa saran saudara bagi PAUD Padamara dan Sekolah BOPKRI untuk menjadi sekolah Kristen unggulan di Wonosari?

Bagikan :



Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agenda Kegiatan

Ibadah Minggu Online : Setiap Hari Minggu jam 08.00 WIB livestreaming di channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul dan Radio Swara Dhaksinarga 89,9 FM

Renungan Harian Online : Setiap hari Senin – Sabtu jam 05.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Persekutuan Remaja Online : Setiap hari Sabtu jam 16.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Sekolah Minggu Online : Setiap hari Minggu jam 07.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Latihan Macapat : diliburkan

Persekutuan Doa Pagi : diliburkan

Kelas Katekisasi : diliburkan

Jadwal PA Wilayah/Panthan/Kelompok  >> Oktober 2020 >> DILIBURKAN