Home » Bahan PA » Materi PA Masa Pentakosta (3-8 Juni 2019)

Materi PA Masa Pentakosta (3-8 Juni 2019)

MASA PENTAKOSTA 2019

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih, Masa Pentakosta 2019 telah dibuka pada saat ibadah Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga.

Mempertimbangkan situasi yang terjadi di negara kita dua dasawarsa belakangan ini, LPP Sinode merasa terpanggil untuk bersama-sama memikirkan apa yang mesti dilakukan oleh gereja-gereja yang adalah bagian dari bangsa Indonesia ini. Oleh karena itu, tema masa Pentakosta 2019 ini adalah “Roh Kudus bagi Indonesia”.

Melalui tema tersebut, gereja-gereja/jemaat-jemaat diajak merefleksikan keberadaan dirinya di tengah hiruk pikuknya percaturan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Kehidupan bangsa kita yang diwarnai keberagaman yang sudah ada sejak negara ini berdiri, yang disepakati bersama di dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, saat ini mulai terancam oleh beberapa golongan di negeri ini yang ingin memenangkan ideologi agamanya. Jikalau situasi ini dibiarkan begitu saja dan gereja (orang-orang Kristen) tidak melakukan apa-apa, maka bisa dipastikan, pelan tetapi pasti, dasar negara kita bisa berubah dari Pancasila menjadi ideologi yang lain. Oleh karena itu, persoalan ini bukan persoalan yang sederhana. Perlu ada upaya yang nyata, baik secara institusional maupun personal untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan dasar filosofi kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Tema-tema yang ada di dalam Materi Masa Pentakosta 2019 akan selalu dikaitkan dengan bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Pancasilanya. Bahkan di dalam bahan-bahan Persekutuan Doa dengan sengaja mengupas tentang Pancasila.

Selama masa Pentakosta 2019, Majelis GKJ Wonosari menyusun kegiatan sebagai berikut:

A. WAKTU DAN MATERI KEGIATAN:

1. Kegiatan Ibadah
■ Tanggal 30 Mei 2019 Kenaikan Tuhan Yesus ( Pembukaan )
■ Tanggal 2 Juni 2019 Minggu Paskah VII
■ Tanggal 9 Juni 2019 Hari Raya Pentakosta (Persembahan Undhuh-undhuh)
■ Tanggal 16 Juni 2019 Minggu Trinitas

2. Kegiatan PA/PD
■ Tanggal 27 – 31 Mei 2019 Persekutuan Doa 1
■ Tgl 3-7 Juni 2019 Diliburkan
■ Tgl 10-14 Juni 2019 Membahas Bahan Dasar
■ Tgl 17-22 Juni 2019 Pemahaman Alkitab Penghayatan Pentakosta
■ Tgl 24-28 Juni 2019 Persekutuan Doa 2
■ Tgl 1-5 Juli 2019 Sarasehan

B. PEMANDU KEGIATAN
Selama Masa Pentakosta 2019 berlangsung, penanggung jawab kegiatan sepenuhnya adalah majelis GKJ Wonosari. Sementara pemandu kegiatan melibatkan semua unsur warga gereja, baik anggota majelis, komisi, maupun warga gereja. Ada baiknya setiap pemandu kegiatan lebih dahulu mempersiapkan diri sebaik-baiknya berkenaan dengan materi yang akan disampaikan. Apabila didapati hal-hal yang belum jelas dapat menghubungi Majelis Harian atau Pendeta.
Untuk mambahas bahan dasar yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 14 Juni 2019 (Minggu Depan) Petugas telah diatur di Warta Gereja edisi 2 Juni 2019

Bagikan :



Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agenda Kegiatan

Ibadah Minggu Online : Setiap Hari Minggu jam 08.00 WIB livestreaming di channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul dan Radio Swara Dhaksinarga 89,9 FM

Renungan Harian Online : Setiap hari Senin – Sabtu jam 05.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Persekutuan Remaja Online : Setiap hari Sabtu jam 16.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Sekolah Minggu Online : Setiap hari Minggu jam 07.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Latihan Macapat : diliburkan

Persekutuan Doa Pagi : diliburkan

Kelas Katekisasi : diliburkan

Jadwal PA Wilayah/Panthan/Kelompok  >> Oktober 2020 >> DILIBURKAN