Home » Renungan » Merayakan Karya Trinitas

Merayakan Karya Trinitas

Yohanes 16:12-15

Memahami sepenuhnya Allah Trinitas adalah kemustahilan sebab bagaimanapun juga Allah adalah misteri. Misteri tidaklah sama dengan masalah ataupun teka-teki. Masalah harus diselesaikan, teka-teki harus dipecahkan, sementara misteri tidak dapat disingkapkan dengan argumen rasional ataupun dianalogikan dengan hal-hal empiris.

Jika kita mengaku mampu memahami Allah sepenuhnya maka dapat dipastikan bahwa yang kita pahami tersebut bukanlah Allah sebab sampai kapanpun Allah yang tidak terbatas tidak akan dapat dibatasi oleh pikiran kita yang sangat terbatas. Walaupun Allah Trinitas tidak dapat dibatasi oleh pikiran manusia tetapi doktrin tentang Allah Trinitas dapat membantu kita untuk menyelami karya Allah Trinitas dan menolong kita untuk berpartisipasi dalam misi-Nya. Cara terbaik untuk memahami Allah Trinitas adalah dengan melihat dan merasakan karya-Nya dalam kehidupan sehari-hari sekalipun ada begitu banyak keterbatasan.

Roh Kebenaran merupakan sebutan lain untuk Roh Kudus. Dalam rangka memahami kebenaran Allah, para murid diperlengkapi dengan karunia-karunia yang beragam tetapi dengan tujuan yang satu yaitu memberitakan tentang karya keselamatan Allah bagi dunia. Dengan tujuan yang satu tersebut, beragam karunia yang diperoleh para murid tetap berada dalam kesetaraan.

Merayakan Allah Trinitas berarti mensyukuri karya Allah yang tidak terbatas dengan segala keterbatasan pemahaman kita. Allah Sang Misteri menyediakan diri untuk dikenal dan dipahami melalui berbagai karya ciptaan-Nya. Dengan berefleksi kepada Amsal, kita mendapati bahwa Allah hadir dalam persekutuan yang terbuka dan menjangkau ciptaan untuk turut serta dalam persekutuan-Nya. Berdasarkan kesaksian Paulus kita memahami bahwa Allah Trinitas di dalam dan melalui Yesus Kristus telah menunjukkan cinta justru dengan cara memberi diri sehingga kita dibenarkan di hadapan-Nya. Roh Kudus menuntun kita kepada seluruh kebenaran tentang karya Allah bagi seluruh ciptaan. Melalui Roh Kudus pula kita dimampukan untuk turut serta berkarya dengan segala perbedaan yang dianugerahkan dan pada saat yang bersamaan tetap berada dalam kesetaraan. Amin.

Bagikan :



Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Agenda Kegiatan

Ibadah Minggu Online : Setiap Hari Minggu jam 08.00 WIB livestreaming di channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul dan Radio Swara Dhaksinarga 89,9 FM

Renungan Harian Online : Setiap hari Senin – Sabtu jam 05.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Persekutuan Remaja Online : Setiap hari Sabtu jam 16.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Sekolah Minggu Online : Setiap hari Minggu jam 07.00 WIB di Channel Youtube GKJ Wonosari Gunungkidul

Latihan Macapat : diliburkan

Persekutuan Doa Pagi : diliburkan

Kelas Katekisasi : diliburkan

Jadwal PA Wilayah/Panthan/Kelompok  >> Oktober 2020 >> DILIBURKAN